Diartikel kali ini aku akan memberi tahu cara untuk menginstall Net FrameWork 3.5 di Windows 8 secara offline. Nah, jika kalian baru saja menginstall Windows 8 di PC / Laptop fitur Net FrameWork 3.5 ini tidak secara otomatis terinstall atau aktif bersamaan dengan Windows 8 tersebut.
 Tapi pihak Microsoft sebenernya memberikan fitur Net FrameWork 3.5 didalam cd installasi Windows 8 kalian tanpa kita ketahui atau memang sudah terinstall tapi belum aktif otomatis. Jika kita belum menginstall atau mengaktifkan fitur Net FrameWork 3.5 ini, ketika  ingin menjalankan sebuah program yang membutuhkan fitur Net FrameWork 3.5 keluar notify yang mengharuskan kita menginstall fitur Net FrameWork 3.5 ini secara online. Contoh gambar dibawah ini :


Langsung aja ya… Kalau ngomong terus ga akan kelar2..hehehe..
Jadi aku mau ngasih tau 2 cara untuk mengaktifkan Fitur Net FrameWork 3.5 ini di Windows 8 kalian.

Cara Pertama ( Sudah terinstall tapi belum  aktif) :
1.       Coba kalian masuk ke control panel\program\program and features contoh gambar dibawah ini :  





atau cara cepatnya Win + X + Program And Features ( tekan F aja) lihat gambar dibawah :



2. Setelah itu masuklah ke Turn Windows Feature on or off  lihat gambar dibawah :


3. Lalu nanti akan box Windows Features. Terus, coba kalian cari Fitur Net FrameWork 3.5 di box tersebut. Lihat gambar dibawah:


4. Nah, Setelah ketemu pasti Fitur Net FrameWork 3.5 belum dicentang, sekarang coba kalian centang Net FrameWork 3.5 itu lalu klik ok. lihat gambar dibawah :


5. Taraaaa... Fitur Net FrameWork 3.5 kalian sudah aktif. Biar lebih afdol coba kalian restart pc kalian.


Lanjut................

Cara Kedua ( Net FrameWork 3.5 belum terinstall sama sekali) :
1. Persiapkan terlebih dahulu CD Installasi windows 8 kalian
2. Coba cari folder bernama sxs didlam cd installasi windows 8 kalian dengan cara Driver CD\source\sxs lihat gambar dibawah:




3. Lalu kalian bisa mengcopy terlebih dahulu folder sxs itu kedalam Pc /  Laptop jika DVD ROM kalian peformanya sudah tidak bagus / lelet. Kalau performa DVD Rom Kalian masih bagus, jadi kalian ga perlu mengcopy folder tersebut ke pc / laptop.
4. Bila kalian mau memakai cara folder sxs itu ada didalam pc maka copy kan lah folder sxs itu kedlam pc kalian. kali ini aku memakai contoh di C (system) lihat gambar dibawah:


5. Nah, sekarang kita lanjutkan dengan cara membuka cmd ( Run administrator)



6. Setelah cmd terbuka ketikkan lah scripts ini kedalam cmd "Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:c:\Nama Folder  /LimitAccess" Lalu tekan enter. Lihat gambar dibawah. Yang dlingkari garis merah itu harus diperhatikan.!!!Ganti dengan nama folder yang kalian buat jangan sampai slah.OK...


7. Tunggulah hingga proses installasi 100 %. Setelah itu, biar lebih afdol coba kalian restart pc / laptop kalian. Nah,sekarang coba kamu jalankan aplikasi yang membutuhkan fitur NetFrame Work 3.5 ini. Jika Berhasil, Selamat  fitur NetFrame Work 3.5 telah aktif di Windows 8 Pro kamu.

Gampangkan...???Indahnya Berbagi... : )
 
Top